Definisi Dan Sejarah Munculnya Perayaan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ’Alaihi Wa Sallam.


Definisi  Dan  Sejarah  Munculnya  Perayaan  Maulid  Nabi  Muhammad  Shallallahu ’Alaihi  Wa  Sallam.

Al-Ustadz Hammad Abu Muawiyah

Pengertian  Maulid.

Maulid  Secara  Bahasa  Berarti  Tempat  Atau  Waktu  Dilahirkannya  Seseorang  [ Boleh  Juga Dikatakan  Maulid  Adalah  Mashdar  ( Asal  Kata )  Bermakna  Kelahiran  ( Al-wiladah ).  Ini  Disebut Mashdar  Mim. [ed]].  Oleh  Karena  Itu,  Tempat  Maulid  Nabi  Shallallahu ’Alaihi  Wa  Sallam Adalah  Makkah.  Sedangkan  Waktu  Maulid  Beliau  Adalah  Pada  Hari  Senin  Bulan  Rabi’ul Awwal  Pada  Tahun  Gajah  Tahun  53  SH  ( Sebelum  Hijriah )  Yang  Bertepatan  Dengan  Bulan April  Tahun  571  M.

Adapun  Tanggal  Kelahiran  Beliau,  Maka  Para  Ulama  Berselisih  Dalam  Penentuannya.  Dan Cukuplah  Hal  Ini  Menjadi  Tanda  Dan  Bukti  Nyata  Yang  Menunjukkan  Bahwa  Nabi  Shallallahu ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam,  Para  Shahabat  Beliau,  Dan  Para  Ulama  Setelah  Mereka, Tidaklah  Menaruh  Perhatian  Besar  Dalam  Masalah  Hari  Maulid  ( Kelahiran )  Nabi  Shallallahu ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam.  Karena  Seandainya  Hari  Maulid  Beliau  Adalah  Perkara  Yang Penting,  Memiliki  Keutamaan  Yang  Besar,  Dan  Memiliki  Arti  Yang  Mendalam  Dalam  Islam, Maka  Pasti  Akan  Ditegaskan  Oleh  Rasulullah  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Dalam  Hadits - Hadits  Beliau,  Sebagai  Konsekuensi  Dari  Kesempurnaan  Islam  Dan  Semangat Beliau  Dalam  Menunjukkan  Kebaikan  Kepada  Ummatnya.  Juga  Pasti  Akan  Dinukil  Dari  Para Shahabat  Tentang  Tanggal  Kelahiran  Beliau  Sebagai  Konsekuensi  Sikap  Amanah  Mereka Dalam  Menyampaikan  Ilmu.

Jadi,  Perbedaan  Pendapat  Para  Ulama  Tentang  Kapan  Tanggal  Maulid  Beliau  Menunjukkan Bahwa  Tidak  Ada  Keterangan  Yang  Jelas  Dari  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Dan  Tidak  Pula  Dari  Para  Shahabat  Beliau  Radhiallahu  ‘Anhum  Tentang  Masalah  Ini.

Perselisihan  Pendapat  Tentang  Maulid  ( Hari  Lahir )  Nabi

Ada  Beberapa  Pendapat  Dalam  Masalah  Ini,  Tapi  Yang  Paling  Masyhurnya  Adalah :
1.  Maulid  Nabi  Adalah  Tanggal  8  Rabi‘ul  Awwal.

Pendapat  Inilah  Yang  Dikuatkan  Oleh  Syaikh  Abdullah  Bin  Muhammad  Bin  ‘Abdul  Wahhab Sebagaimana  Yang  Akan  Datang,  Dan  Juga  Yang  Zhahirnya  Dikuatkan  Oleh  Syaikh Nashiruddin  Al-Albani  Rahimahullah  Dalam  Kitab  Beliau  Shahih  As-Sirah  An-Nabawiah  Hal. 13. Beliau  Berkata  Dalam  Ta’liq  ( Catatan  Kaki ),  “  Adapun  Waktu  Hari  Kelahiran  Beliau,  Telah Disebutkan  Tentangnya  Dan  Tentang  Bulannya  Oleh  Beberapa  Pendapat.  Hal  Ini  Disebutkan Oleh  Ibnu  Katsir  Dalam  Kitab  Asal  [ Yakni  Kitab  Sirah  Rasulullahi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam  Wa  Dzikru  Ayamihi  Wa  Ghozawatihi  Wa  Saroyahu  Wal  Wufud  Ilaihi  Karya  Al-Hafizh Ibnu  Katsir  Rahimahullahu ], Dan  Semuanya  Mu’allaq,  Tanpa  Ada  Sanad  Yang  Bisa  Diperiksa Dan  Diukur  Dengan  Ukuran  Ilmu  Mustholah  Hadits,  Kecuali  Pendapat  Yang  Mengatakan Bahwa  Hal  Itu  ( Hari  Kelahiran  Nabi -pent. )  Pada  Tanggal  8  Rabi’ul  Awwal.  Karena  ( Tanggal  8  Ini  Telah  Diriwayatkan  Oleh  Malik  Dan  Selainnya  Dengan  Sanad  Yang  Shahih  Dari  Muhammad  Bin  Jubair  Bin  Muth’im  Dan  Beliau  Adalah  Seorang  Tabi’in  Yang  Mulia.  Dan Mungkin  Karena  Inilah,  Pendapat  Ini  Dikuatkan  Oleh  Para  Pakar  Sejarah  Dan  Mereka Berpegang  Padanya,  Dan  ( Pendapat )  Ini  Yang  Dipastikan  Oleh  Al-Hafizh  Al-Kabir Muhammad  Bin  Musa  Al-Khowarizmy  Dan  Juga  Dikuatkan  Oleh  Abul  Khoththob  Bin  Dihyah …”.

2. Maulid  Nabi  Tanggal  9  Rabi‘ul  Awwal.
Pengarang  Nurul  ‘Ainain  Fii  Sirah  Sayyidil  Mursalin  Berkata,  Hal. 6,  “ Almarhum  Mahmud Basya  Seorang  Pakar  Ilmu  Falak  Menguatkan  Bahwa  Hal  Itu  ( Hari  Kelahiran  Nabi )  Adalah Pada  Subuh  Hari  Senin,  Tanggal  9  Rabi’ul  Awwal  Yang  Bertepatan  Dengan  Tanggal  20  April Tahun  571  Miladiyah  Dan  Juga  Bertepatan  Dengan  Tahun  Pertama  Dari  Peristiwa  Gajah ”.

Syaikh  Shafiyyur  Rahman  Al-Mubarakfury  Hafizhahullah  Berkata  Dalam  Kitab  Beliau  Ar-Rohiqul  Makhtum  [ Kitab  Beliau  Ini  Meraih  Peringkat  Pertama  Dalam  Perlombaan Mengarang  Sirah  Nabawiah  Yang  Diadakan  Oleh  Rabithah  Al-‘Alam  Al-Islamy  Pada  Tahun 1399  H ],  Hal. 54,  “  Pimpinan  Para  Rasul  Dilahirkan  Di  Lingkungan  Bani  Hasyim  Di  Mekah Pada  Subuh  Hari  Senin  Tanggal  9  Bulan  Rabi’ul  Awwal  Tahun  Pertama  Dari  Peristiwa  Perang  Gajah  Dan  Bertepatan  Dengan  Tanggal  20  Atau  22  Bulan  April  Tahun  571  M”.
Pendapat  Inilah  Yang  Dikuatkan  Oleh  Syaikh  Abdullah  Bin  Muhammad  Bin  Humaid  Dan  Syaikh  Muhammad  Bin  ‘Utsaimin  Rahimahumallah.

Syaikh  Abdullah  Bin  Muhammad  Bin  Humaid  Rahimahullahu  Berkata  Ketika  Menyebutkan Tentang  Abu  Sa’id  Al-Kaukabury  [ Dia  Adalah  Orang  Yang  Pertama  Kali  Merayakan  Maulid  Di  Negeri  Maushil  Sebagaimana  Yang  Akan  Datang  Penjelasannya ],  “  Dia  Mengadakan Perayaan  Tersebut  Pada  Malam  Kesembilan  ( Rabi’ul  Awal )  Menurut  Yang  Dikuatkan  Oleh Para  Ahli  Hadits  [ Ucapan  Ini  Jangan  Dipahami  Bahwa  Ahlul  Hadits  Menguatkan  Bolehnya Maulid,  Tapi  Maknanya  Bahwa  Ahlul  Hadits  Menguatkan  Bahwa  Hari  Kelahiran  Beliau  Pada Tanggal  9. [ed]]  Bahwa  Beliau  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Dilahirkan  Pada Malam  Itu  ( Kesembilan )  Dan  Beliau  Wafat  Pada  Tanggal  12  Rabi’ul  Awal  Menurut Kebanyakan  Ulama ”  [ Lihat  Kitab  Beliau  Ar-Rasa `Ilul  Hisan  Fii  Fadha `Ihil  Ikhwan  Hal.  49 ].

Syaikh  Muhammad  Bin  ‘Utsaimin  Rahimahullahu  Berkata  Setelah  Menyebutkan  Konsekuensi Kecintaan  Kepada  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam,  “ Maka  Ketika  Itu,  Jika Bulan  Ini  ( Rabi’ul  Awwal )  Adalah  Bulan  Diutusnya  Rasul  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi Wa  Sallam,  Demikian  Juga  Dia  Adalah  Bulan  Dilahirkannya  Rasul  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi Wa  Sallam  Berdasarkan  Pendapat  Yang  Dinyatakan  Oleh  Para  Pakar  Sejarah.  Hanya  Saja, Tidak  Diketahui  Malam  Keberapa  Beliau  Dilahirkan.  Pendapat  Yang  Paling  Bagus  Adalah  Yang Menyatakan  Bahwa  Beliau  Dilahirkan  Pada  Malam  Ke  9  Dari  Bulan  Ini  ( Rabi’ul  Awwal ) Bukan  Malam  Ke  12.  Berbeda  Halnya  Dengan  Pendapat  Yang  Terkenal  Di  Sisi  Kebanyakan Kaum  Muslimin  Saat  Ini.  Karena  Ini  ( Yakni  Lahirnya  Beliau  Pada  Tanggal  12 )  Tidaklah Memiliki  Landasan  Yang  Benar  Dari  Sisi  Sejarah.  Berdasarkan  Perhitungan  Para  Ahli  Falak Belakangan,  Kelahiran  Beliau  Adalah  Pada  Hari  Ke  9  Dari  Bulan  Ini …”.  [ Lihat  Majmu Al-Fatawa  ( 7/357 )  Karya  Syaikh  Muhammad  Bin  Sholeh  Al-‘Utsaimin,  Kumpulan  Fahd  Bin Nashir  Bin  Ibrahim  As-Sulaimany ]

3. Maulid  Nabi  Adalah  Tanggal  12  Rabi‘ul  Awwal.
Muhammad   Bin  Ishaq  Bin  Yasar  Berkata  Sebagaimana  Dalam  Sirah  Nabawiyyah  ( 1/58 ) Karya  Ibnu  Hisyam  Rahimahullahu,  “ Rasulullah  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam  Dilahirkan  Pada Hari  Senin  Tanggal  12  Rabi’ul  Awwal,  Tahun  Gajah ”.

Akan  Tetapi  Pendapat  Ini  Dilemahkan  Oleh  Syaikh  Abdullah  Bin  Muhammad  Bin  ‘Abdul Wahhab  Rahimahullahu.  Dalam  Kitab  Beliau  Mukhtashar  Siratur  Rasul,  Hal.  18,  Beliau Menyatakan,  “ Beliau  ‘Alaihis  Sholatu  Wassalam  Dilahirkan  Pada  Tanggal  8  Rabi’ul  Awwal. Qila  ( Dikatakan )  [ Istilah  Qila  ( Dikatakan )  Dengan  Bentuk  Kalimat  Pasif  Di  Kalangan  Para Ulama  Biasa  Digunakan  Untuk  Melemahkan  Suatu  Pendapat,  Dan  Ini  Adalah  Perkara  Yang Masyhur  Dan  Jelas  Bagi  Siapa  Saja  Yang  Menelaah  Kitab - Kitab  Para  Ulama ],  “ Tanggal 10 ”,  Dan  Qila  ( Dikatakan )  :  “  Tanggal 12  ”,  Pada  Hari  Senin  ”.

Kami  Katakan :  Berkaca  Pada  Semua  Perkataan  Dan  Pernyataan  Di  Atas,  Kita  Bisa  Lihat Bahwa  Pendapat  Yang  Menyatakan  Bahwa  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam Dilahirkan  Pada  Tanggal  12 Rabi’ul  Awwal  Sama  Sekali  Tidak  Memiliki  Landasan  Hujjah            ( Argumen )  Yang  Kuat.  Dan  Pendapat  Yang  Paling  Mendekati  Kebenaran  - Insya  Allah - Adalah  Yang  Menyatakan  Bahwa  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Dilahirkan Pada  Tanggal  8  Rabi’ul  Awwal  Karena  Adanya  Riwayat  Dari  Muhammad  Bin  Jubair  Bin Muth’im  Rahimahullahu,  Kemudian  Setelahnya  Adalah  Pendapat  Yang  Dikuatkan  Oleh  Para Ahli  Hadits  Yang  Menyatakan  Bahwa  Beliau  Dilahirkan  Pada  Tanggal  9  Rabi’ul  Awwal, Wallahu  Ta’ala  A’la  Wa  A’lam.

Yang  Pertama  Kali  Merayakannya.

Syaikh  Abdullah  Bin  Abdil  Aziz  At-Tuwaijiry  Hafizhahullah  Berkata, :  “  Yang  Pertama  Kali Memunculkan  Bid’ah  Ini  Adalah  Bani  ‘Ubaid  Al-Qaddah  Yang  Menamakan  Diri  Dengan Al-Fathimiyyun  Dan  Menyandarkan  Nasab  Mereka  Kepada  Keturunan  Ali  Bin  Abi  Thalib Radhiallahu‘anhu.  Padahal  Sebenarnya,  Mereka  Adalah  Pendiri  Dakwah  Bathiniyah.  Nenek Moyang  Mereka  Ibnu  Daishan  Yang  Dikenal  Dengan  Nama  Al-Qaddah,  Seorang  Budak  Milik Ja’far  Bin  Muhammad  Ash-Shadiq  Dan  Salah  Seorang  Pendiri  Mazhab  Bathiniah  Di Irak.

Kemudian  Dia  Pergi  Ke  Negeri  Maghrib  ( Maroko )  Mengaku  Sebagai  Keturunan  ‘Uqail  Bin  Abi Thalib. Tatkala  Kaum  Ekstrim  Syi’ah-Rafidhah  Bergabung  Ke  Mazhabnya,  Diapun  Mengaku Sebagai  Anak  Muhammad  Bin  Isma’il  Bin  Ja’far  Ash-Shadiq  Dan  Mereka  Menerima  Hal Tersebut.  Padahal  Muhammad  Bin  Isma’il  Meninggal  Dalam  Keadaan  Tidak  Memiliki  Keturunan.  Di antara  Yang  Mengikutinya  Adalah  Hamdan  Qirmith,  Yang  ( Firqah ) Al-Qaramithah  Disandarkan  Kepadanya.

Waktu  Terus  Berjalan  Hingga  Muncul  Dari  Kalangan  Mereka  Seseorang  Yang  Bernama  Sa’id Bin  Al-Husain  Bin  Ahmad  Bin  Abdillah  Bin  Maimun  Bin  Daishan  Al-Qaddah,  Yang  Kemudian Mengubah  Nama  Dan  Nasabnya.  Dia  Berkata  Kepada  Pengikutnya, : “  Saya  Adalah ‘Ubaidullah  [ Para  Pengikutnya  Kemudian  Dikenal  Dengan  Nama  Al-‘Ubaidiyyun  ( Pengikut Ubaidullah ) ]  Bin  Al-Hasan  Bin  Muhammad  Bin  Isma’il  Bin  Ja’far  Ash-Shadiq ”   Sehingga Meluaslah  Fitnah  ( Malapetaka )nya  Di  Maghrib ”   [ Al-Bida ’ Al-Hauliyyah  Hal. 137-139 ].

Berikut  Perkataan  Beberapa  Ulama  Dalam  Mengingkari  Penisbahan  Mereka  Kepada  Ahli l Bait   ( Keturunan  Rasulullah ),  :

Ibnu  Khallikan  Rahimahullahu  Berkata, :  "  Sebagaimana  Dalam  Al-Bida ’ Al-Hauliyyah,  Hal.  139,  Pakar  Ilmu  Nasab  Dari  Kalangan  Muhaqqiqin  Mengingkari  Pengakuan  Dia  ( Ubaidullah ) Kepada  Nasab  ( Ahlil  Bait )  Tersebut ”.

Ibnu  Katsir  Rahimahullahu  Berkata, :  “  Sesungguhnya  Pemerintahan  Al-Fathimiyyun Al-Ubaidiyyun  Yang  Bernisbah  Kepada  Ubaidillah  Bin  Maimun  Al-Qaddah,  Seorang  Yahudi Yang  Memerintah  Di  Mesir  Dari  Tahun  357–567  H,  Mereka  Memunculkan  Banyak  Hari - Hari Raya.  Di antaranya  Perayaan  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam”             [ Al-Bidayah  11/127 ].

Syaikhul  Islam  Ibnu  Taimiyah  Rahimahullahu  Berkata, :  "  Dalam  Majmu’  Al-Fatawa  ( 35/120 ), Telah  Diketahui  Bahwa  Jumhur  ( Kebanyakan )  Manusia  Mengingkari  Penisbahan  Mereka  Serta  Mereka  ( Jumhur )  Menyebutkan  Bahwa  Mereka  ( Al-Ubaidiyyun )  Merupakan  Anak Keturunan  Majusi  Atau  Yahudi.  Perkara  Ini  Masyhur  Berdasarkan  Persaksian  Para  Ulama  Dari  Berbagai  Kelompok ;  Al-Hanafiah,  Al-Malikiah,  Asy-Syafi’iyyah,  Al-Hanabilah,  Ahlil  Hadits, Ahlil  Kalam,  Pakar  Nasab,  Orang  Awwam  Dan  Selain  Mereka ”.
Pada  Tempat  Lain  ( 25/120-132 )  Beliau  Menyebutkan  Beberapa  Ulama  Yang  Lain  Seperti  :

Ibnul  Atsir  Al-Maushily  Dalam  Tarikhnya,  Beliau  Menyebutkan  Sesuatu  Yang  Ditulis  Oleh  Para  Ulama  Kaum  Muslimin  Dalam  Tulisan - Tulisan  Mereka  Langsung  Dalam  Mengkritik Penisbahan  Mereka.

Ibnul  Jauzy. Abu  Syamah  Dalam  Kitabnya  Al-Ba’its  ‘Ala  Inkaril  Bida ’ wal  Hawadits.
Al-Qadhy  Abu  Bakr  Muhammad  Bin  Ath-Thayyib  Al-Baqillany  Dalam  Kitab  Beliau  Yang Masyhur  Yang  Berjudul  Kasyful  Asrar  Wa  Hatkul  Astar.  Dia  Menyebutkan  Bahwa  Mereka Adalah  Dari  Keturunan  Majusi.

Al-Qadhy  Abu Ya’la  Muhammad  Bin  Al-Husain  Al-Farra`,  Seorang  Ulama ’ Al-Hanabilah  Dalam Kitab  Beliau  Al-Mu’tamad.
Abu  Hamid  Muhammad  Bin  Muhammad  Bin  Muhammad  Al-Ghazaly  Dalam  Kitab  Beliau  Yang Berjudul  Fadha `Ilul  Mustazhharah  Wa  Fadha `Ihul  Bathiniyyah.
Al-Qadhy  Abdul  Jabbar  Bin  Ahmad  Al-Hamadzany  Dan  Yang  Semisal  Dengannya  Dari Kalangan  Ahli  Kalam  Mu’tazilah.

Kemudian,  Bid’ah  Perayaan  Hari  Lahir  ( Ulang  Tahun )  Secara  Umum  Serta  Perayaan  Hari Lahir  Nabi  ( Maulid )  Secara  Khusus,  Tidaklah  Muncul  Kecuali  Pada  Zaman  Al-Ubaidiyyun  Pada  Tahun  362  H.  Tidak  Ada  Seorangpun  Yang  Mendahului  Mereka  Dalam  Merayakan Maulid  Ini.

Taqiyyuddin  Al-Maqrizy  Rahimahullahu  Berkata  Dalam  Al-Mawa’izh  Wal  I’tibar  Bi  Dzikril Khuthath  Wal  Atsar  ( 1/490 )  Di  Bawah  Judul  ‘Penyebutan  Hari - Hari  Yang  Dijadikan  Sebagai  Hari  Raya  Oleh  Khilafah  Al-Fathimiyyun…’,  “ Khilafah  Al-Fathimiyyun  Sepanjang Tahun  Memiliki  Beberapa  Hari  Raya  Dan  Hari  Peringatan,  Yaitu  :  Perayaan  Akhir  Tahun, Perayaan  Awal  Tahun  ( Tahun  Baru ),  Hari  ‘Asyura`,  Perayaan  Maulid  ( Hari  Lahir )  Nabi Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam,  Maulid  Ali,  Maulid  Al-Hasan,  Maulid  Al-Husain, Maulid  Fathimah - Radhiyallahu  ‘Anhum -,  Perayaan  Maulid  ( Ulang  Tahun )  Khalifah  Saat  Itu, Perayaan  Malam  Pertama  Dan  Pertengahan  Bulan  Rajab,  Malam  Pertama  Serta  Pertengahan Dari  Bulan  Sya’ban , …”.

Juga  Telah  Berlalu  Keterangan  Dari  Ibnu  Katsir  Rahimahullahu  Dalam  Masalah  Ini  Ketika Beliau  Mengingkari  Penisbahan  Mereka  ( Al-Ubaidiyyun )  Kepada  Ahlil  Bait.
Maka  Hal  Ini  Merupakan  Persaksian  Yang  Sangat  Jelas  Dan  Gamblang  Dari  Beliau  Berdua. Padahal  Al-Maqrizy  Adalah  Termasuk  Para  Ulama  Yang  Menetapkan  Dan  Membela Penisbahan  Mereka  Kepada  Keturunan  Ali  Bin  Abi  Thalib,  Bahwa  Al-Ubaidiyyun  Adalah  Sebab  Turunnya  Musibah  Ini  ( Perayaan  Bid’ah  Maulid )  Atas  Kaum  Muslimin  Serta  Merekalah Yang  Membuka  Pintu - Pintu  Perayaan  bid’ah  Dengan  Berbagai  Macam  Bentuknya.

Pendapat  Ini  ( Bahwa  Yang  Memulai  Perayaan  maulid  Adalah  Al-Bathiniyyah )  Telah  Dikuatkan  Oleh  Sejumlah  Ulama  Belakangan.  Berikut  Nama - Nama  Beserta  Perkataan  Mereka  :
Mufti  Negeri  Mesi,  Syaikh  Muhammad  Bin  Bukhaith  Al-Muthi’iy  Rahimahullahu  Berkata, : “ Termasuk  Perkara - Perkara  Yang  Baru  Muncul  Dan  Banyak  Pertanyaaan  Tentangnya  Adalah Masalah  Perayaan - Perayaan  Maulid  ( Ulang  Tahun ).  Maka  Kami  Katakan  Bahwa Sesungguhnya  Yang  Pertama  Kali  Memunculkannya  Di  Qahirah  ( Baca :  Kairo )  Adalah Khilafah  Al-Fathimiyyun  Dan  Yang  Pertama  Kali  Dari  Kalangan  Mereka  Adalah  Orang  Yang Bernama  Al-Mu’izz  Lidinillah …”  [ Ahsanul  Kalam  Fii  Ma  Tata’allaqu  Bis  Sunnah  Wal  Bid’ah Minal  Ahkam  Hal.  44 ].

Syaikh  Muhammad  Hamid  Al-Faqy  Rahimahullahu  Berkata,  : "  Dalam  Ta’liq  ( Komentar )  Beliau Terhadap  Kitab  Syaikhul  Islam  Al-Iqtidho`,  Hal.294, …  Bahkan  Tidak  Ada  Yang  Memunculkan  Hari - Hari  Raya  Kesyirikan  Ini  Kecuali  Al-‘Ubaidiyyun  Yang  Ummat  Telah Bersepakat  Akan  Kemunafikan  Mereka  Dan  Bahwa  Mereka  Lebih  Kafir  Daripada  Yahudi  Dan Nasrani  Dan  Bahwa  Mereka  Adalah  Musibah  Atas  Kaum  Muslimin.  Kaum  Muslimin  Menyimpang  Dari  Jalan  Yang  Lurus  Lewat  Tangan - Tangan,  Dan  Susupan - Susupan  Mereka Serta  Sesuatu  Yang  Mereka  Masukkan  Ke  Dalam  Ummat  Ini  Berupa  Racun - Racun  Shufiyah ( Tashowwuf )  Yang  Busuk ”.

Syaikh  Muqbil  Bin  Hady  Rahimahullahu,  Syaikh  Ahmad  An-Najmy,  Dan  Syaikh  Shalih Al-Fauzan  Hafizhahumallah  Juga  Menetapkan  Hal  Yang  Sama  Sebagaimana  Akan  Datang Perkataan  Mereka  Pada  Bab  Ketiga  Belas  Ketika  Menyebutkan  Perkataan  Para  Ulama Tentang  Bid’ahnya  Perayaan  Maulid.

Syaikh  ‘Uqail  Bin  Muhammad  Bin  Zaid  Al-Maqthiry  Al-Yamany  Berkata, :  “  Yang  Pertama  Kali Memunculkannya   Yaitu  Perayaan  Maulid   Di  Kairo  Adalah  Al-Mu’izz  Lidinillah  Al-Fathimy  Pada Tahun  362  H  Dan  Terus  Berlangsung  Sampai  Dihapuskan  Oleh  Al-Afdhal,  Panglima  Pasukan Perang  Badrul  Jamaly  Pada  Tahun  488  H  Pada  Zaman  Pemerintahan  Al-Musta’ly  Billah. Tatkala  Khilafah  Al-Amir  Bi  Ahkamillah  Bin  Al-Musta’ly  Berkuasa  Pada  Tahun  495  H,  Perayaan  Maulidpun  Kembali  Dirayakan ”  [ Al-Maurid  Fii  Hukmil  Ihtifal  Bil  Maulid  Hal  8-9 ].

Nampak  Dari  Nukilan - Nukilan  Tadi  Bahwa  Yang  Pertama  Kali  Mengerjakan  Amalan  Bid’ah  Ini ( Perayaan  Maulid )  Adalah  Al-Ubaidiyyun  Alias  Al-Fathimiyyun  Yang  Bermazhab  Bathiniyah. Mereka  Ini  Ingin  Mengubah  Agama  Kaum  Muslimin,  Memasukkan  Ke  Dalam  Agama  Islam Sesuatu  Yang  Bukan  Darinya,  Dan  Menjauhkan  Kaum  Muslimin  Dari  Agamanya  Yang Sebenarnya.  Karena  Menyibukkan  Manusia  Dengan  Melakukan  Berbagai  Amalan  Bid’ah  Adalah  Cara  Termudah  Untuk  Mematikan  Sunnah  Nabi  Muhammad  Shollallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala Alihi  Wa  Sallam  Yang  Suci  Dan  Menjauhkan  Manusia  Dari  Syari’at  Allah  Subhanahu  Wa Ta’ala  Yang  Penuh  Dengan  Kemudahan.

Adapun   Yang  Dinukil  Dari  Sekelompok  Ulama  Seperti  Ibnu  Katsir,  Ibnu  Khallikan,  Dan As-Suyuthy  Dan  Diikuti  Oleh  Beberapa  Ulama  Belakangan  Seperti  Syaikh  Muhammad  Bin Ibrahim  Alu  Asy-Syaikh  Dan  Syaikh  Hamud  At-Tuwaijiry  Bahwa  Yang  Pertama  Kali  Merayakan  Maulid  Nabi  Adalah  Raja  Irbil  Muzhaffaruddin  Abu  Sa’id  Al-Kaukabury  Bin  Abil Hasan  Ali  Bin  Bakatkin  Di  Akhir  Abad  Keenam  Atau  Awal  Abad  Ketujuh  Hijriah,  Maka Pernyataan  Mereka  Ini  Dibawa  ( Baca :  Diarahkan  Maknanya )  Kepada  Perkataan  Abu Syamah  Abdurrahman  Bin  Isma‘il  Al-Maqdisy  Dalam  Kitabnya  Al-Ba’its  ‘Ala  Ingkaril  Bida’  Wal Hawadits  Hal.  31  Ketika  Beliau  Berkata, :  “  Sesungguhnya  Yang  Pertama  Kali  Merayakannya Di  Maushil  Adalah  Syaikh  Umar  Bin  Muhammad  Al-Mulla,  Salah  Seorang  Dari  Kalangan  Orang Shalih  Yang  Terkenal  [ Amalan  Orang  Yang  Dianggap  Shalih  Ini  Menunjukkan  Kebodohan  Dia Terhadap  Sunnah  Nabinya  Shallallahu  'Alaihi  Wa  Sallam.  Demikianlah  Keadaan  Kebanyakan Bid’ah,  Syaithan  Masukkannya  Ke  Dalam  Islam  Dengan  Perantaraan  Orang - Orang  Yang Dianggap  Shalih,  Akan  Tetapi  Bodoh  Dan  Berpaling  Dari  Mempelajari  Agama  Allah  Subhanahu  Wa  Ta’ala,  Wallahul  Musta’an ],  Yang  Kemudian  Diikuti  ( Dalam  Merayakannya ) Oleh  Raja  Irbil ”.

Maka  Kita  Lihat,  Apa  Yang  Beliau  Sebutkan  Tentang  Orang  Yang  Pertama  Kali Merayakannya  Hanya  Terbatas  Di  Negeri  Maushil.  Ini  Tidaklah  Menunjukkan  Bahwa  Yang Pertama  Kali  Merayakannya  Secara  Mutlak  Adalah  Raja  Irbil,  Karena  Telah  Berlalu  Bahwa Yang  Pertama  Kali  Merayakannya  Adalah  Al-Fathimiyyun  Dari  Kalangan  Al-Bathiniyyah.

Sehingga  Dengan  Demikian,  Pernyataan  Yang  Dinukil  Dari  Ibnu  Katsir  Dan  Yang  Mengikuti Beliau  Ini  Tidaklah  Bertentangan  Dengan  Pembahasan  Yang  Telah  Kami  Terangkan  Di  Atas.
Termasuk  Perkara  Yang  Menguatkan  Bahwa  Al-Ubaidiyyun  Al-Fathimiyyun  Al-Bathiniyyun  Telah  Mendahului  Raja  Irbil  Dalam  Merayakan  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam Adalah  Bahwa  Al-Mu’izz  Lidinillah  Yang  Bernama  Ma’ad  Bin  Abdillah  Al-Fathimy  Datang  Ke Qahirah  Pada  Bulan  Ramadhan  Tahun  362  H.  Sedang  Tahun  Itu  Merupakan  Awal Pemerintahan  Mereka  ( Al-Fathimiyyun )  Di  Mesir.

Khalifah  Yang  Terakhir  Dari  Mereka  Adalah  Al-‘Adhid Abdullah  Bin  Yusuf,  Meninggal  Pada Tahun  567  H.  Adapun  Muzhaffaruddin  -Raja Irbil-,  Maka  Dia  Dilahirkan  Pada  Tahun  549  H Dan  Meninggal  Tahun  630  H.  Jadi,  Ini  Merupakan  Bukti  Nyata  Bahwa  Raja  Irbil  Telah Didahului  Oleh  Al-Ubaidiyyun  Dalam  Merayakan  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam Sekitar  2  Abad  Sebelumnya,  Wallahu A’lam.

Untuk  Lebih  Memperjelas  Masalah,  Berikut  Kami  Sebutkan  Beberapa  Pemikiran  Bathiniyah Beserta  Nukilkan  Beberapa  Komentar  Ulama  Tentang  Kebejatan  Mereka  Terhadap  Islam  Dan Kaum  Muslimin,  Yang  Mana  Pada  Gilirannya  Hal  Ini  Akan  Mengungkap  Hakekat  Dari Perayaan  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Yang  Mereka  Munculkan  :
Mereka  Meyakini  Bahwa  Ali  Bin  Abi  Thalib  Adalah  Sembahan  Selain  Allah  Subhanahu  Wa Ta’ala.
Mereka  Melakukan  Tahrif  Ma’nawy  ( Penyelewengan  Makna )  Terhadap  Ayat - Ayat  Allah Subhanahu  Wa  Ta’ala  ( Memalingkan  Makna  Ayat  Dari  Makna  Sebenarnya  Yang  Zhahir Kepada  Makna  Yang  Tidak  Masuk  Akal,  Yang  Mereka  Anggap  Sebagai  Batin  Ayat  Tersebut ).  Ini  Merupakan  Sejelek - Jelek  Tahrif.  Contohnya  Mereka  Menafsirkan  Ayat  :
تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ

“Binasalah  Kedua  Tangan  Abu  Lahab  Dan  Sesungguhnya  Dia  Akan  Binasa ”.  ( QS. Al-Lahab : 1 )
Mereka  Menafsirkan  ‘Dua  Tangan’  Yaitu  Abu  Bakar  Dan  Umar  Radhiyallahu ‘Anhuma.

Mereka  Berkeyakinan  Bahwa  Semua  Syari’at  Dan  Aturan  Dalam  Islam  Memiliki  Zhahir  Dan Batin.  Yang  Zhahir  - Menurut  Mereka -   Adalah  Kaifiyat/Cara  Yang  Diamalkan  Oleh  Kaum Muslimin  Pada  Umumnya.  Sedangkan  Yang  Batin  Adalah  Suatu  Cara  Yang  Hanya  Diketahui Oleh  Kalangan  Mereka  Sendiri  Dan  Hanya  Boleh  Diamalkan  Oleh  Orang - Orang  Khusus  Yaitu Mereka.  Contohnya  Shalat  Lima  Waktu ;  Zhahirnya  Adalah  Dengan  Mengerjakan  Sholat, Sedangkan  Batinnya  - Dan  Hanya  Ini  Yang  Mereka  Amalkan -   Adalah  Mengetahui  Rahasia - Rahasia  Mazhab  Mereka.  Jadi,  Siapa  Yang  Telah  Mengetahui  Rahasia - Rahasia  Tersebut, Maka  Dia  Sudah  Dianggap  Melaksanakan  Shalat  Walaupun  Tidak  Melakukan  Gerakan - Gerakan  Shalat.  Puasa  Batinnya  Adalah  Menyembunyikankan  Rahasia - Rahasia  Kelompok Mereka.  Batinnya  Ibadah  Haji  - Menurut  Mereka -   Adalah  Menziarahi  Kuburan  Guru - Guru Mereka,  Dan  Seterusnya.
Inna  Lillahi  Wa  Inna  Ilaihi  Raji’un,  Maka  Apakah  Masih  Ada  Ajaran  Agama  Yang  Tersisa Dengan  Keyakinan  Mereka  Ini ?!.

Ibnu  Katsir  Rahimahullahu  Menyebutkan  Dalam  Al-Bidayah  Wan  Nihayah  ( 11/286-287 ) Bahwa  Pada  Tahun  402  H,  Sejumlah  Ulama,  Para  Hakim,  Orang - Orang  Terpandang, Orang - Orang  Yang  Adil,  Orang - Orang  Shalih,  Dan  Para  Ahli  Fiqh,  Mereka  Semua  Telah  Menulis Sebuah  Tulisan  Yang  Berisi  Pencacatan  Dan  Celaan  Pada  Nasab  Keturunan  Al-Fathimiyyun Al-Ubaidiyyun.  Mereka  Menyebutkan  Dalam  Tulisan  Tersebut  Beberapa  Pemikiran  Sesat Mereka,  Di  Antaranya :  Mereka  Telah  Menelantarkan  Aturan - Aturan,  Menghalalkan  Kemaluan  ( Zina ),  Menghalalkan  Khamr,  Menumpahkan  Darah,  Mencerca  Para  Nabi,  Melaknat  Salaf  ( Para  Shahabat  Rasulullah  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Dan Pengikutnya )  Serta  Mereka  Mengaku  Bahwa  Guru - Guru  Mereka  Memiliki  Sifat - Sifat Ketuhanan.

Syaikhul  Islam  Ibnu  Taimiyah  Rahimahullahu  Pernah  Ditanya  Tentang  Mereka.  Beliau Menjawab  Bahwa  Mereka  Adalah  Termasuk  Manusia  Yang  Paling  Fasik  Dan  Yang  Paling Kafir,  Dan  Bahwa  Siapa  Saja  Yang  Mempersaksikan  Keimanan  Dan  Ketakwaan  Bagi  Mereka Serta  ( Mempersaksikan )  Benarnya  Nasab  Keturunan  Mereka  ( Kepada  Ali  Bin  Abi  Thalib ) Maka  Sungguh  Dia  Telah  Mempersaksikan  Untuk  Mereka  Dengan  Perkara - Perkara  Yang  Dia Sendiri  Tidak  Mengetahuinya. Padahal  Allah  Subhanahu  Wa  Ta’ala  Telah  Berfirman  :
وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا
“  Dan  Janganlah  Kamu  Mengikuti  Apa  Yang  Kamu  Tidak  Mempunyai  Pengetahuan Tentangnya.  Sesungguhnya  Pendengaran,  Penglihatan  Dan  Hati,  Semuanya  Itu  Akan  Diminta  Pertanggunganjawabnya ”.  ( QS.  Al-Isra` :  36 )

Dan  Allah  Subhanahu  Wa  Ta’ala  Berfirman  :
“… Kecuali  Orang - Orang  Yang  Bersaksi  Dalam  Keadaan  Mereka  Mengetahui  ( Apa  Yang Mereka  Persaksikan ) ”.  ( QS. Az-Zukhruf  :  86 ) ”   [ Majmu’  Al-Fatawa  ( 22/120 ) ].

Dari  Seluruh  Keterangan - Keterangan  Di  Atas,  Telah  Nampak  Jelas  Bagi  Setiap  Orang  Yang Menginginkan  Kebenaran  Bahwa  Perayaan  Hari  Maulid  ( Ulang  Tahun )  Secara  Umum  Dan Maulid  Nabi  Muhammad  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  ‘Ala  Alihi  Wa  Sallam  Secara  Khusus  Bukanlah Termasuk  Bagian  Dari  Ajaran  Islam  Sama  Sekali.  Hal  Ini  Kita  Bisa  Tinjau  Dari  Tiga  Sisi  :

Perayaan  Maulid  Nabi  Setiap  Tanggal  12  Rabi’ul  Awwal  Sama  Sekali  Tidak  Memiliki  Landasan Sejarah  Yang  Kuat  Sebagaimana  Yang  Telah  Dijelaskan  Oleh  Syaikh  Abdullah  Bin  Muhammad Bin  Humaid  Dan  Syaikh  Muhammad  Bin  Shalih  Al-Utsaimin  Rahimahumallahu  Ta’ala  [ Telah Berlalu  Pernyataan  Kedua  Ulama  Ini  Ketika  Membawakan  Pendapat - Pendapat  Dan  Khilaf Para  Ulama  Seputar  Tanggal  Kelahiran  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam ].  Jadi,  Bagaimana Bisa  Dikatakan  Perayaan  Ini  Memiliki  Landasan/Asal  Dari  Syari’at  Islam  ?!

Perayaan  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam  Ini  Tidaklah  Muncul  Kecuali  Setelah Berakhirnya  Zaman - Zaman  Keutamaan  ( Zaman  Para  Sahabat,  Tabi’in,  Dan  Yang  Mengikuti Mereka ).  Maulid  Tidaklah  Pernah  Dikerjakan  Oleh  Para  Shahabat,  Tidak  Pula  Para  Tabi’in, Serta  Tidak  Juga  Orang - Orang  Yang  Mengikuti  Mereka  Dengan  Baik  Sebagaimana  Yang Akan  Kami  Pertegas  Pada  Bab  Ketiga  Belas  Dalam  Buku  Ini.

Sesungguhnya  Yang  Pertama  Kali  Memunculkan  Bid’ah  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam  Ini  Adalah  Suatu  Kaum  Yang  Disepakati  Oleh  Seluruh  Ulama  Islam  Tentang  Kekafiran Dan  Kemunafikan  Mereka.  Mereka  Adalah  Al-Bathiniyyah  Yang  Ingin  Mengubah  Agama  Kaum Muslimin  Dan  Memasukkan  Ke  Dalamnya  Perkara - Perkara  Yang  Tidak  Termasuk  Dalam Agama  Mereka.
{ Rujukan :  Al-Qaulul  Fashl  Fii  Hukmil  Ihtifal  Bi  Maulidi  Khairir  Rasul  Hal.  64-72,  Al-Maurid  Fii Hukmil  Ihtifal  Bil  Maulid  Hal.  7-9  Dan  Al-Bida’  Al-Hauliyah  Hal.  137-151 }
[ Dinukil  Dari  Buku  Studi  Kritis  Perayaan  Maulid  Nabi  Shallallahu  ‘Alaihi  Wa  Sallam  Karya Al-Ustadz  Hammad  Abu  Muawiyah,  Cetakan  Maktabah  Al-Atsariyyah  2007 ]

wdcfawqafwef