Bilal Bin Rabah – Mu’adzin Pertama Umat Islam.


Bilal Bin Rabah – Mu’adzin Pertama Umat Islam.

Bilal Bin Rabah – Mu’adzin Pertama Umat Islam. Bilal Bin Rabah, Mu’adzin Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, memiliki kisah menarik tentang sebuah perjuangan mempertahankan aqidah. Sebuah kisah yang tidak akan pernah membosankan, walaupun terus diulang - ulang sepanjang zaman. Kekuatan alurnya akan membuat setiap orang tetap penasaran untuk mendengarnya.


Siapakah gerangan lelaki yang ketika didera Siksa Dahsyat Kafir Quraisy, hanya kata - kata “ Ahadun-Ahad “ yang keluar dari mulutnya, Siapakah pula lelaki yang pada hari-hari akhirnya mengulang - ulang kata - kata, : “ Besok kita akan bertemu dengan para kekasih ( Muhammad Dan Para Shahabatnya ) ” ?


Dialah Bilal Bin Rabah Al-Habsyi, Semoga Allah meridlainya, lelaki yang Lahir di Mekah, sekitar 43 tahun sebelum hijrah itu tumbuh di Mekah sebagai seorang Hamba Sahaya milik anak - anak yatim keluarga Bani Abdud Dar yang berada di bawah Asuhan Umaiyah Bin Khalaf.


Bilal Sebelum Masuk Islam Bilal lahir di daerah As-Sarah sekitar 43 tahun sebelum hijrah. Ayahnya bernama Rabah, sedangkan ibunya bernama Hamamah, seorang budak wanita berkulit hitam yang tinggal di Mekah. Karena ibunya itu, sebagian orang memanggil Bilal dengan sebutan Ibnus - Sauda’ ( Putra Wanita Hitam ).


Bilal dibesarkan di kota Ummul Qura ( Mekkah ) sebagai seorang Budak milik keluarga Bani Abduddar. Saat ayah mereka meninggal, Bilal diwariskan kepada Umayyah Bin Khalaf, seorang tokoh penting Kaum Kafir. Seperti penampilan orang Afrika pada umumnya, Hitam, Tinggi dan Besar, begitulah Bilal. Meski Bilal adalah lelaki dengan kulit hitam pekat, namun hatinya, Insya Allah Bak Kapas Yang Tak Bernoda.


Masa kecil Bilal dihabiskan di Mekkah, sebagai Putra dari seorang Budak, Bilal melewatkan masa kecilnya dengan bekerja keras dan menjadi Budak. Ia hidup sebagai Hamba Sahaya, hari - harinya berlalu tanpa beda dan buruk. Ia tidak punya hak pada hari ini, dan tidak punya harapan pada esok hari. Seringkali ia mendengar tuan-nya, Umayyah, berbicara bersama kawan-kawannya pada suatu waktu dan para anggota kabilah di waktu lain tentang Rasulullah -Shallallaahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam, dengan pembicaraan yang meluapkan amarah dan ke-dengkian yang sangat.


KEISLAMAN BILAL Bilal termasuk orang yang teguh dengan pendiriannya. Ketika Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mulai menyampaikan risalahnya kepada penduduk Mekah, Beliau telah lebih dahulu mendengar seruan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang membawa agama Islam, yang menyeru untuk beribadah kepada Allah yang Esa, dan meninggalkan Berhala, menggalakkan persamaan antara sesama manusia, memerintahkan kepada akhlak yang mulia, sebagaimana Beliau juga selalu mengikuti pembicaraan para pemuka Quraisy seputar Nabi Muhammad Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.


Beliau Mendengar Tentang Sifat Amanah Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Menepati Janji, Kegagahannya, Kejeniusan Akalnya, Menyimak Ucapan Mereka, : “ Muhammad Sama Sekali Tidak Pernah Berdusta, Beliau Bukan Ahli Sihir, Bukan Orang Gila, Dan Terakhir Beliau Juga Mendengar Pembicaraan Mereka Tentang Sebab - Sebab Permusuhan Mereka Terhadap Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.


Maka Bilal-pun pergi menghadap Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam untuk mengikrarkan diri masuk Islam karena Allah, Rabb semesta alam. Bilal masuk dalam deretan kelompok yang pertama - tama memeluk Islam ( Assabiqunal Awwalin ). Taslimnya Bilal saat di atas permukaan bumi baru hanya ada segelintir pemeluk Islam, Khadijah Binti Khuwailid, Abu Bakar Sidik, Ali Bin Abi Talib, Ammar Bin Yasir dan Ibunya; Sumaiyah, Shuhaib Ar-Rumi dan Miqdad Bin Aswad.


Kemudian menyebarlah perihal masuknya Bilal kedalam agama Islam diseluruh penjuru kota Mekah, hingga sampai kepada tuannya Umayyah Bin Khalaf dan menjadikannya Marah sekali sehingga ingin menyiksanya dengan Sekeras - kerasnya.


Siksaan Terhadap Bilal Bin Rabah atas Keislamannya Bilal merasakan penganiayaan orang - orang Musyrik yang lebih berat dari siapa pun. Berbagai macam Kekerasan, Siksaan, Dan Kekejaman mendera Tubuhnya. Namun Ia, sebagaimana Kaum Muslimin yang lemah lainnya, Tetap Sabar menghadapi ujian di Jalan Allah itu dengan kesabaran yang jarang sanggup ditunjukkan oleh siapa pun.


Orang Quraisy yang paling banyak Menyiksa Bilal adalah Umayyah Bin Khalaf bersama Para Algojonya. Mereka Menghantam Punggung Telanjang Bilal Dengan Cambuk, namun Bilal hanya Berkata, : “ Ahad, Ahad … ( Allah Maha Esa ). ” Bilal dicambuk hingga tubuhnya yang hitam tersebut Melepuh. Mereka menindih dada telanjang Bilal dengan Batu Besar yang panas di tengah padang pasir saat terik matahari, waktu yang menjadikan padang pasir seakan seperti padang api yang sangat panas, dan penyiksaan yang kejam ini terus berulang setiap hari. Bilal pun hanya Berkata, : “ Ahad, Ahad …. “ Mereka semakin meningkatkan penyiksaannya, namun Bilal tetap mengatakan, : “ Ahad, Ahad….”


Mereka memaksa Bilal agar memuji Latta dan ‘Uzza, tapi Bilal justru memuji nama Allah dan Rasul-Nya. Mereka terus memaksanya, : “ Ikutilah yang kami katakan!” Bilal menjawab, : “ Lidahku Tidak Bisa Mengatakannya.” Jawaban ini membuat siksaan mereka semakin Hebat Dan Keras. Apabila merasa lelah dan bosan menyiksa, sang Tiran, Umayyah Bin Khalaf, Mengikat Leher Bilal Dengan Tali Yang Kasar Lalu Menyerahkannya kepada sejumlah Orang Tak Berbudi dan Anak - Anak agar menariknya di jalanan dan menyeretnya di Sepanjang Abthah2 Mekah. Sementara itu, Bilal menikmati siksaan yang diterimanya karena membela ajaran Allah dan Rasul-Nya. Ia terus mengumandangkan pernyataan agungnya, : “ Ahad…, Ahad…, Ahad…, Ahad….” Ia terus mengulang-ulangnya tanpa merasa bosan dan lelah.


Abu Bakar Menebus Bilal Bin Rabah Akhirnya Allah mengakhiri siksaan demi siksaan yang dialami oleh Bilal melalui Abu Bakar As Shiddiq. Suatu hari, disaat Bilal kembali disiksa oleh majikannya Umayyah, Abu Bakar sedang lewat tidak jauh dari tempat penyiksaannya. Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiallaahu ‘Anhu datang pada saat mereka menyiksanya, dan meneriaki mereka dengan ucapan, : “ Apakah kalian membunuh seseorang karena berucap, : " Rabbku Adalah Allah?


Abu Bakar juga berkata, : “ Wahai Umayah tidakkah engkau takut kepada Allah dalam diri orang miskin ini ?” “Sampai kapan engkau akan berhenti menyiksa seperti ini ? “. Umayahpun berkata kepada Abu Bakar, : “ Engkau telah merusaknya dan saya ingin menyelamatkannya seperti yang engkau lihat. ” Lalu Umayah mencambuknya kembali, hingga merasa putus asa dan meminta kepada Abu Bakar untuk membelinya. Mendengar hal tersebut, Abu Bakar berniat membeli Bilal dari Umayyah Bin Khalaf. Lalu Umayyah pun meninggikan harganya karena ia menduga bahwa Abu Bakar tidak akan mampu untuk membayarnya. Padahal dalam hatinya dia mengatakan, : “ Jika dia membelinya 1 uqiah pun akan saya jual.” Sebaliknya Abu Bakar juga mengatakan dalam hati, “Jika tidak mau menjualnya di bawah harga 100 uqiah pun akan saya beli.” Tapi ternyata, Abu Bakar setuju, walaupun harus mengeluarkan sembilan uqiyah emas. Seusai transaksi, Umayyah berkata kepada Abu Bakar, : " Sebenarnya, kalau engkau menawar sampai satu uqiyah-pun, maka aku tidak akan ragu untuk menjualnya." Abu Bakar membalas, "Seandainya engkau memberi tawaran sampai seratus uqiyah-pun, maka aku tidak akan ragu untuk membelinya…"


Ketika Abu Bakar memberi tahu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bahwa ia telah membeli sekaligus menyelamatkan Bilal dari cengkeraman para penyiksanya, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam Berkata kepada Abu Bakar, : " Kalau begitu, biarkan aku bersekutu denganmu untuk membayarnya, wahai Abu Bakar." Ash-Shiddiq Radhiallahu ‘Anhu menjawab, : " Aku telah memerdekakannya, wahai Rasulullah."


Hijrah ke Madinah Setelah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengizinkan Shahabat - Shahabatnya untuk hijrah ke Madinah, mereka segera berhijrah, termasuk Bilal Radhiallahu ‘Anhu.. Setibanya di Madinah, Bilal tinggal satu rumah dengan Abu Bakar dan ‘Amir Bin Fihr. Malangnya, mereka terkena penyakit demam. Apabila demamnya agak reda, Bilal melantunkan gurindam kerinduan dengan suaranya yang Jernih, Duhai malangnya aku, akankah suatu malam nanti Aku bermalam di Fakh dikelilingi pohon Idzkhir dan jalil Akankah suatu hari nanti aku minum air Mijannah Akankah aku melihat lagi pegunungan Syamah dan Thafil Tidak perlu heran, mengapa Bilal begitu mendambakan Mekah dan perkampungannya; merindukan lembah dan pegunungannya, karena di sanalah ia merasakan nikmatnya iman…. Di sanalah ia menikmati segala bentuk siksaan untuk mendapatkan keridhaan Allah…. Di sanalah ia berhasil melawan nafsu dan godaan setan.


Bilal tinggal di Madinah dengan tenang dan jauh dari jangkauan orang - orang Quraisy yang kerap menyiksanya. Kini, ia mencurahkan segenap perhatiannya untuk menyertai Nabi sekaligus kekasihnya, Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam.. Bilal selalu mengikuti Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam ke mana pun beliau pergi. Selalu bersamanya saat shalat maupun ketika pergi untuk Berjihad. Kebersamaannya dengan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam Ibarat bayangan yang tidak pernah lepas dari pemiliknya.


Dia mengabdikan diri sepanjang hidupnya kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang sangat dicintainya. Dia menjadi pengikut Rasul yang setia dan selalu mengikuti setiap peperangan yang terjadi pada masa itu. Bahkan dia melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana akhirnya Abu Jahal dan Umayyah Bin Khalaf mantan majikannya tewas di tangan pedang kaum muslimin. Bilal menyertai Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam Perang Badar. Ia menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri bagaimana Allah memenuhi janji-Nya dan menolong tentara-Nya.


Saat terjadi perang, Bilal menghadang Umayah dan berkata kepadanya, : “ Pemimpin Kekufuran adalah Umayah Bin Kholaf, saya tidak akan selamat jika jiwa dia selamat. ” Akhirnya Riwayat hidup Umayah berakhir di tangan Bilal, tangan yang sebelumnya banyak dibelenggu dengan Rantai - Rantai Dari Besi, dan tubuh yang selalu dicambuk dengan pecut.


Penunjukan Bilal Bin Rabah sebagai Mu’adzin Ketika Rasulullah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam selesai membangun Masjid Nabawi di Madinah dan menetapkan azan, maka Bilal ditunjuk sebagai orang pertama yang mengumandangkan Azan ( Muazin ) dalam sejarah Islam. Suaranya yang begitu merdu sangat Menggetarkan hati siapapun yang mendengarnya. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam sangat menyukai suara Bilal.


Biasanya, setelah mengumandangkan azan, Bilal berdiri di depan pintu rumah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam seraya berseru, : “ Hayya ‘alashsholaati hayya ‘alashsholaati…( Mari Melaksanakan Shalat, mari meraih keuntungan….) ” Lalu, ketika Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam keluar dari rumah dan Bilal melihat Beliau, Bilal segera melantunkan Iqamat.


Penaklukan Mekkah Ketika Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam menaklukkan kota Mekah, beliau berjalan di depan pasukan hijaunya bersama " sang pengumandang panggilan langit, " Bilal Bin Rabah. Saat masuk ke Ka’bah, Beliau hanya ditemani oleh Tiga orang, yaitu Utsman Bin Thalhah, pembawa kunci Ka’bah, Usamah Bin Zaid, yang dikenal sebagai kekasih Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan putra dari kekasihnya, dan Bilal Bin Rabah, Muazin Rasulullah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.. Shalat Zhuhur Tiba. Ribuan orang berkumpul di sekitar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, termasuk orang - orang Quraisy yang baru masuk Islam saat itu, baik dengan suka hati maupun terpaksa. Semuanya menyaksikan pemandangan yang agung itu.


Pada saat - saat yang sangat bersejarah itu, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam memanggil Bilal Bin Rabah agar naik ke atap Ka’bah untuk mengumandangkan kalimat Tauhid dari sana. Bilal melaksanakan perintah Rasul Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dengan senang hati, lalu mengumandangkan azan dengan suaranya yang bersih dan jelas. Ribuan pasang mata memandang ke arahnya dan ribuan lidah mengikuti kalimat azan yang dikumandangkannya. Tetapi di sisi lain, orang-orang yang tidak beriman dengan sepenuh hatinya, tak kuasa memendam Hasad di dalam dada. Mereka merasa kedengkian telah merobek - robek hati mereka. Saat azan yang dikumandangkan Bilal sampai pada kalimat, : “ Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullaahi ( Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah )”. Juwairiyah Binti Abu Jahal Bergumam, : " Sungguh, Allah telah mengangkat kedudukanmu…. Memang, kami tetap akan shalat, tapi demi Allah, kami tidak menyukai orang yang telah membunuh orang - orang yang kami sayangi." Maksudnya, adalah ayahnya yang tewas dalam Perang Badar.


Khalid Bin Usaid Berkata, : " Aku bersyukur kepada Allah yang telah memuliakan ayahku dengan tidak menyaksikan peristiwa hari ini." Kebetulan ayahnya meninggal sehari sebelum Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam masuk ke kota Mekah.. Sementara Al - Harits Bin Hisyam berkata, : " Sungguh malang nasibku, mengapa aku tidak mati saja sebelum melihat Bilal naik ke atas Ka’bah." Al - Hakam Bin Abu Al -’ Ash berkata, : " Demi Allah, ini musibah yang sangat besar. Seorang Budak Bani Jumah bersuara di atas bangunan ini ( Ka’bah )." Sementara Abu Sufyan yang berada dekat mereka hanya berkata, : " Aku tidak mengatakan apa pun, karena kalau aku membuat pernyataan, walau hanya satu kalimat, maka pasti akan sampai kepada Muhammad Bin Abdullah."


Adzan Bilal Pada Saat Wafatnya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam Sesaat Setelah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam Mengembuskan Napas Terakhir, waktu Shalat Tiba. Bilal berdiri untuk mengumandangkan Azan, sementara Jasad Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam masih terbungkus kain kafan dan belum dikebumikan. Saat Bilal sampai pada kalimat, : “ Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullaahi ( Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah ), ” Tiba - Tiba suaranya terhenti. Ia tidak sanggup mengangkat suaranya lagi. Kaum muslimin yang hadir di sana tak kuasa menahan tangis, maka meledaklah suara isak tangis yang membuat suasana semakin mengharu biru.


Keistimewaan Bilal Bin Rabah.


Bilal hidup bersama Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan selalu mengumandangkan Adzan untuk shalat, dan menghidupkan syi’ar agama ini yang telah mengeluarkannya dari kegelapan kepada cahaya, dari perbudakan pada kemerdekaan, hingga setiap hari kedekatan Bilal dengan Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Sallam kian bertambah yang mana Beliau ( Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam ) pernah mensifatinya dengan Calon Penghuni Surga, namun demikian Beliau tetap seperti biasa.


Bilal yang Ramah, Sopan tidak pernah merasa dirinya lebih baik dari Shahabatnya yang lain. Suatu hari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam memanggil Bilal untuk menghadap. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam ingin mengetahui langsung, amal kebajikan apa yang menjadikan Bilal mendahului berjalan masuk surga ketimbang Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, : " Wahai Bilal, aku mendengar Gemerisik Langkahmu di depanku Di Dalam Surga. Setiap malam aku mendengar Gemerisikmu." Dengan wajah tersipu tapi tak bisa menyembunyikan Raut Bahagianya, Bilal Menjawab Pertanyaan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, : " Ya Rasulullah, setiap kali aku berhadats, aku langsung berwudhu dan Shalat Sunnah Dua Rakaat." " Ya, dengan itu kamu mendahului aku," kata Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam membenarkan.


Subhanallah, demikian tinggi derajat Bilal Bin Rabah di sisi Allah. Menurut Riwayat Bukhari, Nabi pernah bersabda kepadanya setelah shalat subuh, : “ Ceritakan kepada saya perbuatan apa yang telah engkau lakukan dalam Islam, karena sesungguhnya pada suatu malam saya mendengar suara sendal kamu berada di pintu surga, ” Bilal berkata, : “ Saya tidak melakukan sesuatu apapun yang lebih baik melainkan saya tidak pernah bersuci dengan sempurna pada setiap saat; baik malam dan siang hari kecuali saya melakukan Shalat sebagaimana yang ditentukan untuk saya melakukan Shalat”. ( Al - Bukhari ).


Sepeninggal Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Sejak kepergian Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Bilal hanya sanggup mengumandangkan azan selama Tiga Hari. Setiap sampai kepada kalimat, : “ Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullaahi ( Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah ), ” Ia Langsung Menangis Tersedu - Sedu. Begitu pula kaum muslimin yang Mendengarnya, Larut Dalam Tangisan Pilu. Karena itu, Bilal memohon kepada Abu Bakar, yang menggantikan Posisi Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam Sebagai Pemimpin, agar diperkenankan tidak mengumandangkan azan lagi, karena tidak sanggup melakukannya. Selain itu, Bilal juga meminta izin kepadanya untuk keluar dari kota Madinah dengan alasan berjihad di jalan Allah dan ikut berperang ke wilayah Syam.


Awalnya Ash - Shiddiq merasa ragu untuk mengabulkan permohonan Bilal sekaligus mengizinkannya keluar dari kota Madinah, namun Bilal mendesaknya seraya berkata, : " Jika dulu engkau membeliku untuk kepentingan dirimu sendiri, maka engkau berhak menahanku, tapi jika engkau telah memerdekakanku karena Allah, maka biarkanlah aku bebas menuju kepada-Nya." Abu Bakar menjawab, : " Demi Allah, aku benar - benar membelimu untuk Allah, dan aku memerdekakanmu juga karena Allah." Bilal menyahut, : " Kalau begitu, aku tidak akan pernah mengumandangkan azan untuk siapa pun setelah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam Wafat." Abu Bakar menjawab, : " Baiklah, Aku Mengabulkannya."


Mimpi Bertemu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Mimpi pertama bertemu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam itu dalam mimpinya, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata kepada Bilal, : “ Bilal, Sudah Lama Kita Berpisah, Aku Rindu Sekali Kepadamu. ” Kemudian Bilal Menjawab, : “ Ya, Rasulullah, Aku Pun Sudah Teramat Rindu Ingin Bertemu Dan Mencium Harum Aroma Tubuhmu. ” Kata Bilal masih dalam mimpinya. Setelah itu, mimpi tersebut berakhir begitu saja. Dan Bilal bangun dari tidurnya dengan hati yang Gulana. Ia Dirundung Rindu.


Keesokan harinya, ia menceritakan mimpi tersebut pada salah seorang Shahabat lainnya. Seperti Udara, kisah mimpi Bilal Bin Rabah segera memenuhi ruangan kosong dihampir seluruh penjuru kota Madinah. Tak menunggu senja, hampir seluruh penduduk Madinah tahu, semalam Bilal Bermimpi ketemu dengan Nabi junjungannya.


Pada suatu hari, ia bermimpi lagi bertemu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dalam mimpinya itu Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda kepadanya, : “ Wahai Bilal, Apa Yang Menghalangimu Sehingga Engkau Tidak Pernah Menjengukku ?” Setelah bangun dari tidurnya, Bilal Rahimahullaah pun segera pergi ke Madinah. Setibanya di Madinah, Hasan dan Husain Rahimahullaah meminta Bilal Rahimahullaah agar mengumandangkan Adzan. Ia tidak dapat menolak permintaan orang - orang yang dicintainya itu. Ketika ia mulai mengumandangkan Adzan, maka terdengarlah Suara Adzan Seperti Ketika Zaman Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam masih hidup.


Hal ini sangat menyentuh hati penduduk Madinah, sehingga kaum wanita pun keluar dari rumah masing - masing sambil menangis untuk mendengarkan suara Adzan Bilal Rahimahullaah itu. Setelah beberapa hari lamanya Bilal Rahimahullah tinggal di Madinah, akhirnya ia meninggalkan kota Madinah dan kembali ke Damaskus dan Wafat di sana pada tahun kedua puluh Hijriyah.


Bilal Meninggalkan Madinah untuk Berjihad di Syam Bilal pergi meninggalkan Madinah bersama pasukan pertama yang dikirim oleh Abu Bakar. Ia tinggal di daerah Darayya yang terletak tidak jauh dari kota Damaskus. Bilal benar-benar tidak mau mengumandangkan Azan Hingga Kedatangan Umar Ibnul Khaththab Ke Wilayah Syam, Yang Kembali Bertemu Dengan Bilal Rodhiallahu ‘Anhu setelah terpisah cukup lama.


Umar Sangat Merindukan Pertemuan Dengan Bilal Dan Menaruh Rasa Hormat Begitu Besar Kepadanya, Sehingga Jika Ada Yang Menyebut - Nyebut Nama Abu Bakar Ash - Shiddiq Di Depannya, Maka Umar Segera Menimpali, : " Abu Bakar Adalah Tuan Kita Dan Telah Memerdekakan Tuan Kita ( Maksudnya Bilal ). " Dalam Kesempatan Pertemuan Tersebut, Sejumlah Shahabat Mendesak Bilal Agar Mau Mengumandangkan Azan Di Hadapan Al - Faruq Umar Ibnul Khaththab. Ketika Suara Bilal Yang Nyaring Itu Kembali Terdengar Mengumandangkan Azan.


Umar Tidak Sanggup Menahan Tangisnya, Maka Iapun Menangis Tersedu - Sedu, Yang Kemudian Diikuti Oleh Seluruh Shahabat Yang Hadir Hingga Janggut Mereka Basah Dengan Air Mata. Suara Bilal Membangkitkan Segenap Kerinduan Mereka Kepada Masa - Masa Kehidupan Yang Dilewati Di Madinah Bersama Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.... Dan Itu, Menjadi Adzan Terakhir Yang Dikumandangan Bilal, Hatinya Tak Kuasa Menahan Kenangan Manis Bersama Manusia Tercinta, Nabi Akhir Zaman.


BiIal, " Pengumandang Seruan Langit Itu, " Tetap Tinggal Di Damaskus Hingga Wafat. Saat Menjelang Kematiannya, Istri Bilal Menunggu Di Sampingnya Dengan Setia Seraya Berkata, : " Oh, Betapa Sedihnya Hati Ini…... " Tapi, Setiap Istrinya Berkata Seperti Itu, Bilal Membuka Matanya Dan Membalas, : " Oh, Betapa Bahagianya Hati Ini….... "

Menjelang Wafatnya Bilal Pada Tahun Ke Dua Puluh Hijriyah Untuk Menghadap Sang Khalik, Bilal Seringkali Mengucapkan Kata - Kata Secara, Secara Berulang - Ulang, Kata Tersebut Adalah, : " Esok Kita Bersua Dengan Orang - Orang Terkasih…... Muhammad Dan Shahabat - Shahabatnya Esok Kita Bersua Dengan Orang - Orang Terkasih…... Muhammad Dan Shahabat - Shahabatnya. " Bilal Meninggal Di Syam Dalam Keadaan Bersiap Siaga Di Jalan Allah, Sebagaimana Yang Dikehendakinya.

Semoga Allah Meridhainya Dan Menjadikannya Ridha KepadaNya.


Posted By Mochammad Akbar Maulana.

wdcfawqafwef