Istana Iblis ada dilautan


Oleh : Armansyah

Banyak sekali kita membaca adanya fenomena anomali yang terjadi dengan latar belakang laut, misalnya kisah Nyai Roro Kidul yang disebut-sebut masyarakat sebagai penguasa laut selatan (padahal itu laut khan kekuasaannya Allah hehehe), atau juga segitiga formosa di Jepang dan beberapa tempat lagi lainnya, baik dinusantara maupun dimanca negara. Puncaknya yang paling terkenal adalah segitiga bermuda.
Berbagai macam teori dikeluarkan untuk mencari penjelasan tentang kejadian-kejadian metafisika semacam itu, mulai dari yang ilmiah dan menjelimet dengan semua rumus, teori dan turunannya hingga sampai yang sangat mistik dan paling tak masuk akal sehat sekalipun. Semua berebut benar dan top dalam menafsirkannya.
Disini saya tidak sedang tertarik untuk membahas, menafsirkan atau mengupas semua keanehan itu … hanya ingin berbagi dan sedikit berpikir lebih spiritual berkaitan adanya nash-nash didalam Islam, tepatnya lagi adalah hadis-hadis Rasul tentang eksistensi istana ataupun singgasana Iblis ditengah laut.

Apakah semua fenomena aneh diatas berkaitan dengan nash-nash tersebut? entahlah, hanya Allah yang maha mengetahuinya. Bagaimanapun, jika memang sosok Roro Kidul dipantai selatan itu ada sesuai dengan kesaksian sejumlah orang, terus jikapun ada pula laporan penampakan makhluk-makhluk supranatural diberbagai tempat dilautan lainnya dan membuat onar saja (apalagi akhirnya bertujuan agar orang mengagungkan dia serta tempatnya melalui sebuah sakralisasi tertentu semacam larungan, pengkeramatan, larangan ini dan itu),maka sudah bisa dipastikan bila mereka itu adalah dari kelompoknya Jin.
Bicara soal Jin, maka Iblis juga berasal dari jenis Jin. Lalu apakah itu semua ulah makhluk laknatullah tersebut?  Ok, ini nash-nashnya…
18:50. Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang lalim.
Musnad Ahmad 14027: Telah bercerita kepada kami Abu Ahmad telah bercerita kepada kami Sufyan dari Abu Az Zubair dari Jabir dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Singgasana Iblis adalah di tengah laut, disanalah ia mengirimkan para tentaranya. Yang paling tinggi kedudukannya adalah yang paling besar kejahatannya “.
Shahih Muslim 5031: Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah dan Ishaq bin Ibrahim, berkata Ishaq: Telah mengkhabarkan kepada kami, sedangkan Utsman berkata: Telah menceritakan kepada kami Jarir dari Al A’masy dari Abu Sufyan dari Jabir berkata: Aku mendengar nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: Sesungguhnya singgasana Iblis berada di atas laut, ia mengirim bala tentaranya kemudian mereka menggoda manusia. Yang paling agung bagi iblis adalah (setan) yang paling besar godaannya.”
Musnad Ahmad 13858: Telah bercerita kepada kami Abu Mu’awiyah telah bercerita kepada kami Al ‘A’masy dari Abu Sufyan dari Jabir berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Iblis meletakkan istananya di atas air kemudian mengutus pasukannya. Singgasana paling rendah di air dihuni oleh yang paling besar kejahatannya, Iblis mendatangi satu persatu anggotanya, ada yang menjawab ‘Saya telah melakukan ini dan itu’, maka (Iblis) berkata; ‘Kamu belum berbuat apa-apa”. (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) bersabda: “Kemudian ia mendatangi yang lain dan berkata; ‘Saya tidak meninggalkan dia, sampai saya bisa memisahkan dia dengan isterinya’”. (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) bersabda: “Maka ia (iblis) tersebut menjadikan anggotanya yang telah berhasil memisahkan suami-isteri itu dekat dengannya”, atau beliau bersabda: “Maka ia selalui menyertainya, hingga raja iblis itu berkata; ‘Anak buah terbaik adalah kamu”. Abu Mu’awiyah pernah berkata; “Maka Iblis menjadikan anggotanya itu sangat dekat” dengannya.

wdcfawqafwef