Masa Kekuasaan Paus Benediktus XVI Resmi Berakhir

PAUS Benediktus XVI telah resmi mengundurkan diri, mengakhiri delapan tahun kepausannya yang penuh perjuangan untuk menyelesaikan masalah lalu gereja yang banyak terlibat skandal pelecehan seks.

Paus, berusia 85 tahun, mengundurkan diri secara resmi pada pukul 8 malam waktu setempat pada hari Kamis kemarin (28/2/2013) setelah hampir delapan tahun menjabat, dan dirinya merupakan Paus pertama yang melakukan aksi mengundurkan diri dalam enam abad. Dia akan dikenal sebagai Benediktus XVI, Paus emeritus, mulai sekarang.
Pengunduran dirinya mulai berlaku tiga jam setelah Paus meninggalkan Vatikan dan terbang dengan helikopter ke tempat pengasingannya di Castel Gandolfo, sebuah tempat tinggal musim panas di selatan kota Roma.

Kerumunan massa para simpatisannya berdiri di depan gerbang Castel Gandolfo pada saat Garda Swiss, para prajurit yang secara tradisional melindungi paus, memberi hormat dan menutup pintu palazzo pada pukul 8 malam sebagai simbolis menutup kepausannya.

Garda Swiss sekarang sudah bebas tugas, dan perlindungan Benediktus telah diambil alih oleh polisi Vatikan.

Pengunduran diri Benediktus telah menyebabkan kepemimpinan Gereja Katolik Vatikan kosong pada saat para petinggi Katolik Roma terkemuka mempertimbangkan siapa yang akan menggantikannya.

Selama beberapa hari ke depan, kardinal akan berkumpul di Vatikan untuk merencanakan membentuk sebuah konklaf yang akan memilih penggantinya.(islampos)

wdcfawqafwef